Feb 25, 2020

Tugas seorang Manajer Restoran

Manajer memainkan peran penting di restoran mana pun. Terkadang pemilik bertindak sebagai manajer umum restoran. Dalam kasus lain, manajer dipekerjakan sebagai karyawan. Dalam kedua kasus tersebut, manajer restoran memiliki sejumlah tanggung jawab dalam menjalankan bisnis restoran sehari-hari.







Kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi manajer restoran mencakup dasar-dasar seperti keterampilan orang dan organisasi. Namun, tergantung pada ukuran dan konsep restoran, kandidat juga mungkin memerlukan gelar dalam bisnis atau perhotelan.

Berikut adalah beberapa aspek kunci dari deskripsi pekerjaan manajer restoran yang khas.



Mempekerjakan dan Memecat

Seorang manajer restoran mungkin bertugas merekrut staf baru dan menghentikan kinerja buruk, terutama untuk bagian depan rumah. Posisi dapur mungkin diisi oleh kepala koki, bukan manajer umum. Proses wawancara, melakukan tinjauan kinerja, dan mendisiplinkan karyawan dapat mengambil sebagian besar waktu manajer.



Memesan Persediaan


Memesan inventaris adalah komponen utama pekerjaan manajer restoran. Ini biasanya difokuskan pada barang-barang di rumah seperti serbet kertas, perlengkapan kebersihan, dan peralatan makan restoran. Manajer umum juga bertanggung jawab atas minuman keras, bir, dan anggur untuk bar restoran. Namun, lebih sering, tugas ini jatuh ke manajer bar atau kepala bartender. Kepala koki atau juru masak harus bertanggung jawab memesan makanan untuk restoran karena mereka melakukan sebagian besar perencanaan memasak dan menu. Tidak peduli siapa yang bertanggung jawab atas pemesanan makanan atau minuman keras, manajer restoran harus menandatangani pesanan untuk memastikan itu sesuai anggaran.



Penjadwalan Staf

Seorang manajer restoran bertanggung jawab untuk membuat jadwal mingguan dan memastikan semua shift sudah ditanggung. Mereka juga perlu menyetujui permintaan untuk hari libur dan memutuskan anggota tim mana yang akan mengerjakan shift sibuk atau lambat.



Perencanaan Acara

Jika restoran menyediakan layanan katering, maka manajer umum mungkin bertanggung jawab atas penjadwalan acara, pemesanan kamar, dan staf untuk mengerjakannya. Jika operasi katering besar, pemilik restoran dapat memilih untuk menyewa manajer katering.



Pelayanan pelanggan

Pertama dan terutama, manajer restoran harus unggul dalam layanan pelanggan. Mereka harus dapat melatih staf dalam keramahan yang luar biasa dan memastikan bahwa pelanggan meninggalkan restoran dengan bahagia. Sangat penting bahwa manajer tidak membiarkan tugas pekerjaan mereka yang lain menghalangi tanggung jawab ini.


Pemasaran dan Periklanan

Tergantung pada keahlian mereka, manajer restoran mungkin juga menangani kampanye iklan dan pemasaran. Mereka dapat mengawasi anggaran, menempatkan iklan, dan memperbarui jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter. Mereka juga dapat membuat ide-ide promosi restoran, dari tawaran happy hour hingga dua-untuk-satu.


Pembukuan

Manajer restoran melakukan review bisnis harian dan memastikan bahwa simpanan harian dan malam diurus. Namun, ide yang baik untuk memiliki orang yang terpisah melacak dan merekonsiliasi rekening giro dan rekening bank lainnya. Sayangnya, pencurian karyawan tidak terjadi, dan mengawasi buku-buku itu membuat semua orang jujur.


Harapan Gaji

Sebagian besar manajer restoran menerima gaji, bukan upah per jam. Penghasilan tahunan mereka sangat bervariasi dengan ukuran, konsep, dan lokasi sebuah restoran. Mengelola restoran kecil milik lokal di kota perguruan tinggi akan menjaring Anda sekitar $ 30.000 per tahun (tanpa manfaat). Mengelola restoran bintang lima di New York City dapat mendatangkan sebanyak enam angka. Mengelola restoran berantai, seperti Applebee's atau Chili's, menawarkan sekitar $ 50.000 setahun, dengan manfaat.

Manajer adalah bagian integral dari restoran yang sukses. Deskripsi pekerjaan mereka bisa dengan mudah menjadi "jack of all trades." Mereka membantu menjalankan fungsi sehari-hari menjalankan ruang makan dan kejadian di balik layar di dapur restoran. Untuk menjadi manajer restoran yang sukses, Anda harus teratur, berkomunikasi secara efektif, dan tahu cara menangani masalah dengan cepat dan efisien.

No comments:

Post a Comment