Feb 25, 2020

Industri Perhotelan; Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perhotelan

Industri perhotelan umumnya diakui sebagai bagian dari industri layanan yang lebih luas, dengan fokus pada waktu luang, bukan kebutuhan yang lebih mendasar. Dalam artikel ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang sifat industri perhotelan, berbagai sektor yang terkandung di dalamnya, dan hubungannya dengan industri perhotelan dan industri perjalanan.

Apa itu Industri Perhotelan?

Jadi, apa industri perhotelan? Pertama, penting untuk mendefinisikan apa yang kami maksud dengan industri perhotelan. Bagaimanapun, ini adalah bidang yang luas dan sementara kebanyakan orang memiliki ide dasar tentang jenis bisnis yang dianggap sebagai merek perhotelan, jumlah yang jauh lebih kecil mampu memberikan penjelasan yang koheren dan memuaskan tentang apa industri itu, dan apa itu tidak.

Sederhananya, industri perhotelan mengacu pada berbagai bisnis dan layanan yang terkait dengan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Aspek yang menentukan dari industri perhotelan juga fakta bahwa ia berfokus pada ide-ide kemewahan, kesenangan, kenikmatan dan pengalaman, yang bertentangan dengan melayani kebutuhan dan kebutuhan pokok.


Perbedaan Antara Industri Perhotelan dan Industri Perjalanan

Industri perhotelan dan industri perjalanan saling terkait erat, tetapi ada juga beberapa perbedaan kecil yang harus diperhatikan. Pada tingkat dasar, industri perjalanan atau pariwisata memperhatikan layanan untuk orang-orang yang bepergian jauh dari tempat tinggal mereka yang biasa, untuk periode waktu yang relatif singkat.

Sebaliknya, industri perhotelan berkaitan dengan layanan yang berkaitan dengan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Ini mungkin berarti menawarkan layanan kepada wisatawan, tetapi juga dapat mencakup penyediaan layanan kepada orang-orang yang bukan wisatawan, seperti penduduk setempat yang menikmati waktu luang mereka, atau orang yang datang ke suatu daerah karena alasan selain pariwisata.





Sektor Dalam Industri Perhotelan
 
1) Akomodasi

Sektor akomodasi industri perhotelan berkaitan dengan menyediakan tempat tinggal bagi pelanggan, untuk sementara waktu. Ini biasanya terkait dengan industri pariwisata, di mana orang memesan liburan atau perjalanan dan memerlukan penginapan, tetapi sektor akomodasi juga melayani orang-orang lokal yang mencari istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari mereka, atau mereka yang membutuhkan akomodasi sementara untuk hampir semua tujuan lain.


Tempat tidur & sarapan (Bed and Breakfasts)

Bed & breakfast, juga dikenal sebagai B & Bs, adalah perusahaan kecil, yang menawarkan menginap dan sarapan di pagi hari. Sebagian besar pemilik B&B tinggal di properti, sementara para tamu disediakan kamar pribadi dan, dalam kebanyakan kasus, mereka juga akan memiliki kamar mandi pribadi atau en suite. Namun, fasilitas kamar mandi terkadang digunakan bersama.


Hotel

Bisa dibilang bentuk akomodasi paling jelas yang berada dalam industri perhotelan, hotel melayani orang-orang yang membutuhkan menginap semalam atau jangka panjang. Selain menawarkan penginapan, mereka cenderung menyediakan berbagai layanan lainnya, termasuk layanan kamar, rumah tangga, dan fasilitas untuk makan dan minum.


Motel

Motel mirip dengan hotel, tetapi secara khusus dirancang untuk digunakan sebagai akomodasi bermalam oleh pengendara. Dengan pemikiran ini, mereka umumnya terletak di pinggir jalan, dan akan memiliki fasilitas parkir mobil gratis. Tidak seperti hotel, motel biasanya menawarkan sedikit cara tambahan layanan atau fasilitas.


Hostel

Hostel adalah bentuk akomodasi komunal, di mana banyak tamu biasanya akan tidur di kamar bersama, dengan para tamu secara efektif menyewa tempat tidur. Fasilitas kamar mandi dan dapur biasanya digunakan bersama dan hostel menawarkan privasi yang lebih sedikit daripada hotel. Namun, mereka biasanya jauh lebih murah, menjadikannya pilihan yang solid bagi mereka yang memiliki anggaran rendah.


Resorts

Sebuah resor mirip dengan hotel, tetapi akan menyediakan berbagai fasilitas dan fasilitas yang lebih luas. Ini berarti bahwa para tamu dapat mengakses fasilitas tidur, fasilitas makanan dan minuman, fasilitas hiburan, fasilitas perbelanjaan dan fasilitas lainnya tanpa harus meninggalkan resor. Banyak resor juga menawarkan harga all-inclusive.


Apartemen berlayanan (Serviced Apartments)

Bentuk lain akomodasi yang memiliki kesamaan dengan hotel-hotel, apartemen berlayanan adalah unit-unit mandiri, yang disediakan untuk masa inap jangka pendek atau jangka panjang. Apartemen ini biasanya akan lengkap, akan berisi dapur, dan dapat mencakup berbagai layanan seperti hotel, seperti binatu dan pembersihan.


Berbagi waktu (Time Sharing)

Akhirnya, akomodasi waktu bersama adalah jenis akomodasi di mana kepemilikan atau hak penggunaan dibagi antara beberapa orang. Ini bisa berupa rumah, kondominium, atau jenis properti serupa dan setiap pemilik biasanya akan dialokasikan pada waktu tertentu dalam setahun di mana mereka akan memiliki hak penggunaan.
 




2) Makanan & Minuman

Sementara makanan dan minuman adalah kebutuhan, sebagian besar layanan makanan dan minuman juga jatuh di bawah payung industri perhotelan, karena fakta bahwa mereka menawarkan cara menghabiskan waktu luang dan penghasilan yang dapat dibuang, serta kesempatan untuk bersosialisasi dan menikmati pengalaman. . Sekali lagi, sektor makanan dan minuman melayani berbagai pelanggan, termasuk wisatawan, penduduk setempat, para mantan dan orang yang lewat.


Restoran (Restaurants)

Restoran menyediakan layanan makanan dan minuman kepada pelanggan, dengan makanan yang dimakan di tempat usaha, atau dibawa untuk dikonsumsi. Bagian industri perhotelan ini meliputi restoran mewah, restoran takeaway, restoran cepat saji, dan berbagai jenis restoran lainnya.


Katering (Caterings)

Layanan katering adalah layanan makanan yang disediakan dalam situs tertentu, atau di lokasi yang lebih terpencil, di mana makanan dan minuman belum tentu layanan utama yang disediakan. Contoh dari ini termasuk katering yang disediakan di taman, arena, stadion, hotel, tempat acara dan pada bentuk transportasi umum tertentu.


Bar & Kafe (Bars and Cafes)

Bar dan kafe memberi pelanggan pilihan untuk keluar, bersosialisasi, dan menikmati makanan dan minuman. Mereka juga cenderung menjadi pilihan yang lebih kasual daripada kebanyakan restoran duduk. Kafe umumnya berfokus pada kopi, teh, dan makanan ringan, sementara bar cenderung memprioritaskan minuman beralkohol dan minuman ringan, dan mungkin juga menawarkan hiburan tambahan.


Klub malam (Nightclubs)

Klub malam adalah salah satu cara utama industri perhotelan melayani orang-orang yang mencari hiburan malam hari. Mereka menyajikan minuman beralkohol, tetap buka sampai larut malam, dan sering menekankan musik dan tarian. Banyak klub malam memiliki tema khusus dan dapat melayani penduduk setempat, serta pengunjung atau wisatawan.


Toko Teh & Kopi (Tea and Coffee Shops)

Ruang teh dan kedai kopi menyediakan fungsi yang mirip dengan kafe, terutama menyajikan varietas teh dan kopi, seperti namanya. Dengan itu dikatakan, toko teh dan kopi sering kali merupakan ruang individu di dalam bangunan yang lebih besar, seperti hotel, dan mereka juga dapat menjual produk yang akan diambil, seperti kantong teh dan biji kopi.
 


3) Perjalanan dan Pariwisata (Travels and Tourism)

Penting untuk dipahami bahwa industri perhotelan dan industri perjalanan saling terkait erat. Banyak layanan yang digolongkan sebagai penawaran industri perjalanan juga merupakan tawaran keramahtamahan, karena mereka terkait dengan kenyamanan, kepuasan pelanggan, kesenangan, pengalaman, dan penggunaan pendapatan yang bisa dibuang. Yang penting, persilangan antara industri pariwisata dan industri perhotelan berpusat pada layanan, bukan produk akhir.


Agen Perjalanan (Travel Agents)

Pada dasarnya, agen perjalanan melayani untuk menjual produk perjalanan ke pelanggan, atas nama pemasok. Mereka akan sering menerima komisi untuk penjualan yang sukses dan dapat menjadi pilihan yang nyaman untuk pelancong yang tidak berpengalaman, memberikan mereka saran tentang produk perjalanan terbaik untuk kebutuhan khusus mereka.


Operator Tur (Tour Operators)

Operator tur menawarkan kombinasi produk perjalanan dan wisata, menggabungkannya ke dalam paket, yang kemudian dijual kepada pelanggan. Ini mungkin, misalnya, termasuk perjalanan ke tujuan, transfer dari hotel atau stasiun kereta ke hotel, serta sejumlah perjalanan, kegiatan, atau pengalaman selama masa tinggal pelanggan.


Agen Perjalanan Online (OTA) (Online Travel Agencies)

Agen perjalanan online, atau OTA, melakukan banyak fungsi yang sama dengan agen perjalanan tradisional, meskipun melalui internet. Namun, penggunaan platform online berarti pelanggan sering memiliki akses ke tingkat swalayan yang lebih besar, dengan OTA membantu pengguna untuk mencari produk perjalanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.


Kapal pesiar (Cruises)

Pelayaran adalah pelayaran dengan kapal pesiar, dilakukan untuk kesenangan, bukan untuk tujuan transportasi semata. Sebuah pelayaran mungkin memiliki berbagai pemberhentian di sepanjang jalan, tetapi penumpang akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di atas kapal pesiar, yang akan memberi mereka penginapan, hiburan, katering, dan banyak lagi.


Rental Mobil (Car Rental)

Layanan penyewaan mobil melayani pelanggan yang membutuhkan akses jangka pendek ke mobil. Dalam banyak kasus, layanan ini digunakan oleh wisatawan yang bepergian ke bagian lain dunia, meskipun beberapa penduduk setempat mungkin juga ingin menyewa mobil, terutama jika mereka tidak memiliki akses reguler ke satu, atau jika mereka membutuhkan lebih banyak kursi penumpang .


Kasino (Casinos)

Akhirnya, kasino adalah tempat hiburan, yang memberikan peluang kepada pelanggan untuk berjudi. Peluang perjudian ini sebagian besar ditawarkan melalui permainan berbasis keberuntungan. Selain komponen perjudian, banyak kasino juga menggelar pertunjukan live, menawarkan makanan dan minuman, dan terhubung ke hotel.



Tren Perhotelan Terbaru

Penting bagi bisnis yang beroperasi dalam industri perhotelan untuk mengikuti tren perhotelan terbaru, agar tidak ketinggalan. Selain itu, mengimbangi industri yang lebih luas adalah salah satu cara pemilik dapat membantu memastikan bisnis mereka memberikan pengalaman pelanggan yang sangat baik. Dalam artikel "Tren Perhotelan: Tren Terbaru di Industri Perhotelan" Anda dapat menemukan tren perhotelan terbaru.


Tren Teknologi Perhotelan

Seperti di setiap industri saat ini, teknologi menjadi sangat penting dalam industri perhotelan. Ini membantu perusahaan yang beroperasi di industri untuk berinovasi dalam proses dan pengalaman pelanggan. Selain itu para tamu terbiasa dengan berbagai teknologi di rumah, sehingga mereka juga mengharapkan setidaknya tingkat yang sama ketika mereka sedang berlibur. Mengikuti perkembangan teknologi terbaru sangat penting, karena industri ini sangat kompetitif. Dalam artikel "Tren Teknologi Terbaru di Industri Perhotelan" Anda akan menemukan tren teknologi terbaru yang harus diperhatikan oleh perusahaan perhotelan.


Tren Pemasaran Perhotelan

Memperkenalkan alat pemasaran perhotelan yang paling efektif untuk bisnis Anda sangat penting untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan reputasi merek Anda. Memasarkan bisnis Anda melalui platform digital adalah cara ampuh untuk mendapatkan paparan maksimal. Mengetahui bagaimana pengguna merencanakan dan memesan akomodasi dan tur online mereka akan membantu Anda memanfaatkan strategi pemasaran yang paling kuat. Dalam artikel "Tren Pemasaran Perhotelan Terbaru" Anda akan menemukan tren pemasaran perhotelan terbaru.


Relevansi Manajemen Pendapatan untuk Industri Perhotelan dan Perhotelan

Setiap industri kompetitif, dan industri perhotelan tidak berbeda. Strategi manajemen pendapatan yang efektif dapat membantu memaksimalkan keuntungan, tidak hanya untuk sektor hotel, tetapi juga untuk resor, kapal pesiar, restoran, kasino, dan sektor perhotelan lainnya. Manajemen pendapatan menggunakan metode optimisasi pendapatan yang membantu bisnis di industri perhotelan dan perhotelan mengeksploitasi potensi penuh mereka untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Pelajari tentang definisi manajemen pendapatan dan kepentingannya dalam artikel ini, ‘Manajemen Pendapatan; dijelaskan dengan jelas! '.


Manajemen Perhotelan

Perhotelan adalah industri yang mencakup restoran, hotel, kasino, taman hiburan, acara, kapal pesiar, hiburan, dan layanan terkait pariwisata lainnya. Dengan demikian, industri ini tidak hanya penting bagi bisnis, tetapi juga bagi pelanggan, karyawan, dan ekonomi. Menyediakan pelanggan dengan layanan yang sangat baik adalah tujuan utama manajer perhotelan karena mereka fokus pada penciptaan layanan dan lingkungan berstandar tinggi untuk tujuan membuat pelanggan mereka merasa disambut di perusahaan mereka. Management Manajemen Perhotelan: Hal-Hal Penting Tentang Perhotelan 'adalah panduan komprehensif yang menjelaskan cara memulai karir Anda di sektor perhotelan.
 




No comments:

Post a Comment