Feb 25, 2020

Dasar-Dasar Manajemen Restoran

Manajemen restoran yang efektif melibatkan beberapa tantangan, seperti hubungan masyarakat, inventaris, staf, dan layanan pelanggan. Dalam beberapa kasus, pemilik restoran juga dapat berfungsi sebagai manajer.

Bagaimanapun, manajer yang kuat adalah komponen penting dari sebuah restoran yang sukses — mereka biasanya orang yang menangani masalah staf dan pelanggan. Informasi berikut menjelaskan dasar-dasar penting untuk mengelola restoran dengan benar.
Menyediakan Layanan Pelanggan

"Pelanggan selalu benar" terus menjadi aturan utama bisnis apa pun. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan keluhan pelanggan, bagaimana Anda menangani situasi akan menentukan apakah pelanggan kembali. Tujuan Anda adalah untuk menjaga agar pengalaman pelanggan tetap positif.
Tips :
Jalankan bisnis restoran yang sukses dan hindari kesalahan mahal dengan melakukan hal berikut:
  • Secara efektif menangani keluhan pelanggan untuk mendorong kunjungan kembali.
  • Kelola harapan kerja staf untuk memastikan mereka memberikan upaya optimal.
  • Manfaatkan mode periklanan saat ini untuk mendapatkan paparan terbanyak.
  • Pantau pendapatan dan pengeluaran untuk memastikan restoran beroperasi secara optimal.
  • Tentukan cara untuk meningkatkan penjualan seperti promosi khusus, layanan katering, perubahan menu, dan hiburan.

Menetapkan Harapan Kerja

Dari pelayan ke staf dapur rumah, menemukan orang terbaik untuk setiap peran akan membantu restoran Anda berjalan dengan lancar. Saat mewawancarai kandidat, pastikan untuk memeriksa referensi untuk menentukan apakah mereka akan cocok untuk posisi itu. Juga, buat periode percobaan sebelum mempekerjakan mereka secara permanen. Pekerja tidak hanya harus terampil dalam melakukan pekerjaan mereka, tetapi mereka juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, karena pekerjaan mereka kemungkinan akan tergantung pada pekerjaan orang lain. Contohnya adalah pelayan yang bergantung pada koki untuk menyelesaikan pesanan yang benar secara tepat waktu.



Tips:
Agar staf tetap termotivasi dan bekerja di layanan tingkat tinggi, pertimbangkan insentif seperti hari libur, bonus, dan makanan gratis. Juga, tawarkan promosi untuk mereka yang siap untuk pindah ke tingkat berikutnya.

 

Anda juga seorang manajer hubungan, yang harus memastikan staf Anda terus bekerja sebagai tim untuk memberikan makanan dan layanan yang hebat kepada pelanggan. Penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga staf merasa bebas untuk datang kepada Anda dengan masalah atau masalah apa pun.


Iklankan Restoran Anda

Ada berbagai cara untuk mengiklankan restoran Anda. Selain membuat pelanggan senang sehingga mereka menyebarkan berita, penting untuk mencari peluang untuk mendapatkan paparan. Ini termasuk memiliki kehadiran online seperti situs web, yang mungkin termasuk foto, menu, dan promosi. Juga, jejaring sosial menawarkan cara murah untuk mempromosikan restoran Anda.
 


Memantau Arus Kas

Arus kas adalah jumlah uang yang masuk versus jumlah uang yang keluar dari bisnis Anda, dan itu harus dipantau setiap hari, mingguan, dan bulanan. Penting untuk memahami konsep dasar keuangan restoran ini untuk menghindari risiko keuangan.


Tips:
Gunakan sistem point-of-sale (POS) untuk melacak penjualan, arus kas, dan inventaris makanan. Ini dapat sangat menyederhanakan manajemen restoran sehari-hari dan membantu memangkas biaya makanan dan penggajian, serta melacak popularitas item menu.




Memperluas Penjualan

Laporan ulasan bisnis harian memungkinkan manajer restoran untuk membangun sejarah bisnis mereka. Ini dapat membantu menganalisis tren penjualan, biaya penggajian, dan jumlah pelanggan, dan memprediksi penjualan di masa depan.

Restoran memiliki pelanggan katering bawaan di basis pelanggan mereka serta sumber daya: makanan, peralatan, dan staf. Pertimbangkan untuk memperluas ke katering acara besar dan kecil.

Juga, fitur promosi untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan penjualan. Ini dapat berkisar dari happy hour setiap malam hingga menu prix fixe hingga spesial makan malam dua untuk satu. Pilih satu atau lebih yang paling sesuai dengan klien Anda.

Harga makanan bisa sering berubah, sehingga biaya menjalankan bisnis Anda juga akan berubah. Penting bahwa menu restoran memiliki harga yang menjaga biaya makanan tetap rendah dan untung tetap tinggi. Dengan mengingat hal ini, jaga agar menu Anda tetap menarik dan pastikan pelanggan menerima nilai uang mereka. Meskipun Anda ingin menjaga biaya tetap rendah, Anda juga tidak ingin menyajikan makanan berkualitas rendah kepada pelanggan.
 



Memotong Biaya

Beralih ke bola lampu hemat energi dan faucet aliran rendah hanyalah dua cara yang dapat menghemat restoran, belum lagi lingkungan. Lihatlah sekitar lokasi Anda untuk hotspot yang membutuhkan biaya lebih sedikit tanpa menyakiti pengalaman pelanggan. Misalnya, Anda mungkin menghemat uang dengan mengganti kursi dengan yang lebih murah, namun, pelanggan tidak dapat kembali jika mereka merasa tidak nyaman saat makan.


 
Garis bawah

Mengelola restoran melibatkan banyak tanggung jawab yang berbeda, mulai dari merekrut dan memecat staf, hingga melacak penjualan dan akuntansi dasar. Sebagai manajer restoran, Anda bertanggung jawab untuk memastikan operasi berjalan efisien untuk memberikan layanan optimal kepada pelanggan.

  

No comments:

Post a Comment