Feb 25, 2020

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Restoran

Meluncurkan restoran Anda sendiri menghadirkan banyak tantangan, mulai dari menulis rencana bisnis hingga memasarkan tempat usaha Anda. Sebuah restoran baru bisa gagal karena banyak alasan, tetapi sebagian besar waktu itu hanya karena perencanaan yang buruk di satu area atau lainnya. Berikut adalah 10 hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuka restoran. Pikirkan masing-masing untuk memberi diri Anda kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam industri yang menantang tetapi bermanfaat ini.


Kesabaran dan Ketekunan

Banyak orang bermimpi membuka restoran sendiri, tetapi mereka tidak menyadari jumlah pekerjaan yang terlibat. Pemilik restoran perlu bekerja berjam-jam baik melakukan atau mengawasi tugas-tugas, seperti keuangan, pemesanan, pengiriman penjadwalan, persiapan makanan, dan layanan pelanggan.

Restoran bukanlah peluang menjadi kaya-cepat. Restoran yang sukses membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Anda akan membutuhkan stamina dan jaringan pendukung yang baik.




Konsep Restoran

Ada banyak faktor yang akan memengaruhi pilihan konsep restoran Anda. Pikirkan basis pelanggan yang Anda inginkan pertama dan terutama. Keluarga, lajang, dan mahasiswa akan tertarik pada berbagai jenis usaha.

Tentukan jumlah uang yang ingin Anda investasikan. Putuskan apakah Anda ingin memulai dari yang kecil dan tumbuh, atau mulai dari yang besar. Penting untuk memiliki konsep yang jelas dalam pikiran sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis Anda.



Lokasi, Lokasi, Lokasi

Lokasi yang baik sangat penting untuk restoran mana pun, dan tidak semua lokasi sama. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk visibilitas, lalu lintas — baik dengan berjalan kaki atau dengan mobil — ukuran, dan biaya. Ketika Anda telah menemukan tempat, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang kewajiban keuangan Anda. Jika Anda menyewa, Anda perlu tahu renovasi apa yang perlu Anda liput, dan untuk memastikan bahwa informasi tersebut termasuk dalam perjanjian tertulis antara Anda dan pemilik Anda.
 

Peralatan Restoran

Salah satu pengeluaran terbesar dalam membuka restoran baru adalah membeli peralatan kelas komersial. Dengan cepat dapat memakan banyak modal awal Anda. Berita baiknya adalah peralatan restoran tahan lama, dan membeli barang-barang tertentu bekas bisa menghemat banyak uang.

Peralatan restoran bekas dapat dibeli di lelang atau toko lokal, atau situs belanja online seperti Chefmark.


Menu

Anda mungkin ingin membuat menu restoran terlebih dahulu dan membangun konsep Anda di sekitarnya, atau sebaliknya. Either way, membuat menu restoran lebih dari sekadar menulis daftar hidangan dengan deskripsi. Itu harus mewakili konsep restoran Anda dan disesuaikan untuk basis pelanggan Anda. Misalnya, jika lokasi Anda dekat dengan perguruan tinggi dan sebagian besar pelanggan Anda adalah mahasiswa, Anda mungkin ingin menampilkan item menu cepat yang dapat dimakan di sana atau dibawa keluar, seperti sup, sandwich, bungkus, dan salad.

Sangat penting untuk memahami biaya makanan dan bagaimana memaksimalkan keuntungan Anda. Anda juga harus berkonsultasi dengan orang kreatif yang dapat membantu dengan desain menu.


Makanan Anak Sehat

Restoran di seluruh negeri berada di bawah tekanan untuk membuat menu anak-anak yang sehat, dan raksasa makanan cepat saji seperti McDonald's menyertakan berbagai pilihan dalam makanan anak-anak mereka. Berita baiknya adalah, ini tidak harus menjadi rintangan besar bagi restoran kecil. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai gizi makanan di restoran yang mudah dan terjangkau. Terkadang yang diperlukan hanyalah mengerjakan ulang penempatan menu Anda dan melatih staf Anda untuk menyoroti opsi yang sehat.



Manajemen Restoran

Manajemen restoran yang efektif mencakup operasi di depan dan di belakang rumah. Mengelola restoran termasuk menangani keuangan, inventaris, hubungan masyarakat, dan sumber daya manusia, di antara banyak hal lainnya. Semangat untuk makanan hanya akan membuat Anda sejauh ini. Jika Anda belum pernah bekerja dalam kapasitas manajerial di restoran, dapatkan pelatihan, atau lebih baik lagi, dapatkan pengalaman.



Pelayanan pelanggan

Janji makanan yang baik akan memikat pelanggan ke restoran Anda, tetapi pelayanan yang baik akan membuat mereka kembali. Bagaimana Anda menangani keluhan pelanggan, menunjukkan apresiasi pelanggan, dan mempromosikan restoran Anda adalah penting untuk bisnis yang kembali di bidang di mana pelanggan selalu benar.


Promosi Restoran

Promosi adalah fakta kehidupan restoran, dan sesuatu yang harus Anda pikirkan secara teratur dalam bisnis Anda. Mereka adalah cara yang baik untuk membawa bisnis tambahan selama shift yang lebih lambat seperti malam pertengahan minggu, atau bahkan di musim yang lambat. Promosi restoran dapat berkisar dari jam happy standar untuk makan malam mencicipi khusus, dan mereka dapat berjalan malam, mingguan, bulanan, atau kurang sering. Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa bisnis baru dengan mengabaikan peluang ini.


Katering Restoran

Menambahkan layanan katering menawarkan peluang untuk meningkatkan penjualan dan memperluas basis pelanggan Anda. Pilihan katering bisa di tempat atau di luar lokasi. Peluang termasuk katering bisnis, katering liburan, atau acara besar seperti pernikahan, serta acara penggalangan dana masyarakat.

Katering ideal untuk restoran yang sudah mempekerjakan staf terlatih dan memiliki banyak peralatan yang diperlukan.


Keuntungan Teknologi

Pertimbangkan untuk menginvestasikan sebagian modal awal Anda dalam teknologi top-of-the-line. Ini bisa sangat membantu menyederhanakan proses startup, serta operasi sehari-hari. Memilih sistem point-of-sale (POS) yang tepat adalah tempat yang baik untuk memulai, dan itu dapat membantu Anda mengelola inventaris, melacak popularitas item menu, dan mengendalikan biaya.
 

No comments:

Post a Comment