Apr 20, 2023

Manfaat Stiker Sebagai Strategi Dalam Bisnis

Apapun yang dilakukan di dalam dunia bisnis tidak dapat dilepaskan dari branding.  Karena branding merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menciptakan sebuah brand atau merk. Agar merk yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik, ada banyak cara dan media yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media promosi tempel yang begitu powerful yaitu, stiker. 

Kenapa stiker dapat digunakan untuk branding bisnis?

Sebelumnya, mari kita ketahui pengertian dari stiker dulu. Stiker merupakan media yang dapat memberikan identitas tertentu pada merek bisnis Anda agar para konsumen mudah mengenali dan merasa tertarik dengan produk Anda. Sehingga, mereka dapat menggunakannya secara berkesinambungan. Stiker memiliki fleksibilitas dalam penerapannya. Dapat ditempel pada kemasan dan label produk Anda, sedangkan ukurannya tidak terbatas, tergantung Anda selaku pemilik bisnis yang menginginkannya.

Lalu, apakah stiker masih relevan digunakan pada era digital seperti ini? Selama kegiatan promosi dan pemasaran masih ada, tentu stiker masih relevan sebagai salah satu medianya. Supaya Anda mengetahui fungsi dari stiker dalam dunia pemasaran secara detail, berikut ini adalah manfaat dari stiker yang dapat Anda ketahui:

1. Media Informasi

Stiker merupakan media yang dapat memberikan informasi tambahan untuk pelanggan tentang produk Anda. Menambahkan informasi utama produk di stiker, memungkinkan dapat meningkatkan penjualan Anda. Anda pun bisa menambahkan informasi seperti kontak, layanan, jenis-jenis produk, dan lainnya pada stiker. Hal ini tentu dapat meningkatkan daya tarik produk. Stiker juga bisa menjangkau pelanggan baru dan memperbesar kemungkinan pelanggan akan membeli produk secara berulang.

Untuk mendukung binis Anda ketika menggunakan media stiker, Brother menghadirkan beberapa jenis printer untuk cetak stiker terbaik yang dapat digunakan untuk segala keperluan seperti, PT-P300BT dan PT-P710BT. Dengan hasil cetak berkualitas tinggi, printer untuk cetak stiker ini memiliki fitur andalan seperti dapat mendesain dan mencetak dengan mudah dari perangkat selular Anda, tahan lama dan tidak membekas serta anti air. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif.

2. Media Promosi 

Dengan menggunakan stiker, biaya operasional menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan biaya di media promosi lainnya. Apabila produk Anda memiliki stiker yang desainnya menarik, biasanya pelanggan akan menempelkan stiker produk Anda di tempat yang mereka inginkan. Hal ini bisa meperluas pasar dari produkmu tanpa harus mengeluarkan biaya promosi tambahan. Stiker adalah media promosi yang tahan lama. oleh sebab itu penting untuk mencetak stiker dengan bahan yang berkualitas. Apalagi jika Anda menggunakan printer cetak stiker dari Brother yang telah dirancang untuk efisiensi dan produktivitas maksimum untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Call to Action

Call to action (CTA) merupakan kata-kata atau kalimat yang dapat memancing seseorang untuk membeli atau menggunakan produk bisnis yang sedang Anda pasarkan. Pada stiker yang produk Anda, sangat memungkinkan menambahkan kalimat yang mengandung CTA seperti, “BUY 1 GET 1”, “Diskon 50%”. Dengan menambahkan kata-kata tersebut pada stiker yang ditempelkan pada kemasan produk, maka akan sangat efektif untuk dijadikan media promosi.

Fungsi stiker dalam dunia promo pemasaran atau marketing masih sangat penting digunakan dalam memperkenalkan bisnis Anda berupa produk atau jasa kepada para calon pelanggan atau konsumen. Selama Anda menggunakan produk yang mendukung untuk mengefisiensikan biaya operasional bisnis Anda seperti printer cetak stiker produk Anda, tentu semakin baik dan sukses peforma branding Anda.

Untuk meningkatkan angka penjualan sebuah produk, pastinya kita sebagai pelaku bisnis melakukan promosi. Tindakan marketing ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan dan ke-eksistensian sebuah produk atau jasa.

Stiker menjadi salah satu alat promosi yang berbebentuk label. Memiliki perekat pada bagian belakangnya sehingga dapat ditempelkan pada kemasan. Jenis stiker pun berbeda-beda, bisa dibedakan berdasarkan jenis kertas, bentuk, dan cutting-annya.

Meskipun cara promosi kini sudah banyak yang menggunakan secara online, tidak menutup kemungkinan pemasaran dengan cara offline tetap bisa efektif. Salah satu media promosi offline yang masih dikatakan efektif adalah stiker. Dengan menggunakan stiker, bisa mempercantik kemasan produk dan jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

8 Fungsi Cetak Stiker untuk Promosi yang Efektif

Lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan isi dari produk yang dijual, pastinya membutuhkan kegiatan promosi. Salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan stiker pada kemasan!

Untuk itu, yuk kita simak 8 manfaat penggunaan stiker agar bisnis lebih efektif!

1. Media Informasi

Untuk mempromosikan sebuah produk, pastinya membutuhkan informasi yang harus diberikan kepada calon pelanggan. Stiker bisa jadi salah satu cara efektif untuk memberikan informasi tambahan kepada pelanggan.

Kamu bisa memberikan informasi rinci pada stiker. Seperti contohnya informasi tentang kontak, detail produk, dan harga. Ditambah lagi, akan lebih menarik jika kamu menggunakan desain stiker yang menarik perhatian.

2. Media Promosi dengan Harga Murah

Cetak stiker murah kini bisa dilakukan di berbagai tempat percetakan, baik itu toko percetakan atau percetakan online. Biaya produksi untuk stiker pastinya relatif lebih murah dibandingkan dengan cetak kebutuhan promosi lainnya. Seperti poster, spanduk, flyer, dan lainnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan stiker.

Hal ini juga disebabkan karena ukuran kertas yang jauh berbeda, stiker umumnya berukuran kecil untuk sebuah kemasan. Terlebih akan terlihat lebih murah jika dibandingkan dengan media promosi seperti iklan TV, iklan di sosial media, billboard, dan lainnya.

3. Alat Promosi dengan Varian Ukuran

Memilih stiker sebagai media promosi mempermudah kamu untuk menentukan ukuran yang diinginkan. Kamu bisa sesuaikan dengan ukuran produk atau kemasan. Bukan hanya pada kemasan, stiker juga bisa dipasangkan pada kaca mobil sebagai media promosi produk atau jasa, lho!

4. Media Promosi yang Tahan Lama

Mengapa dikatakan tahan lama? Karena bahan stiker mempunyai keawetan tersendiri. Terlebih, jika kamu gunakan bahan stiker dengan kertas vinyl, stiker akan lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Cetak stiker vinyl biasa digunakan untuk kemasan-kemasan yang membutuhkan ketahanan air atau penempatan di luar ruangan. Seperti contohnya untuk kemasan botol jus, box es krim, hingga stiker mobil.

Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

5. Meningkatkan Awareness

Promosi dilakukan bukan hanya semata-mata untuk meningkatkan penjualan saja. Namun, promosi juga bisa dilakukan demi meningkatkan awareness calon pelanggan. Dengan menggunakan stiker, komunikasi word of mouth bisa terjalankan lho!

Mendengar informasi dari teman atau bahkan postingan di sosial media juga bisa turut membantu mempromosikan produk tersebut.

6. Meningkatkan Engagement

Stiker bukan hanya memiliki fungsi untuk penempelan pada sebuah kemasan. Stiker juga bisa digunakan sebagai hadiah disebuah acara atau pameran. Kamu bisa berikan stiker logo perusahaan dengan desain yang unik kepada calon pelanggan saat hadiri pameran.

Cara tersebut tidak menutup kemungkinan calon pelanggan akan ingat dengan produk atau perusahaan yang ada pada stiker tersebut. Sehingga, dalam hal ini kamu perlu membuat desain stiker semenarik mungkin agar meningkatkan engagement dengan pelanggan.

7. Menarik Pelanggan untuk Call to Action (CTA)

Strategi Call-to-Action atau biasa disebut dengan CTA adalah sebuah pesan atau kata-kata yang bisa mengundang pembacanya untuk bergerak membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu fungsi stiker adalah menjadikan stiker dengan desain yang berisikan pesan CTA.

Kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Buy 1 get 1 free”, “Diskon hingga 99%”, dan lain sebagainya. Jenis kalimat-kalimat seperti itu memiliki daya tarik sendiri bagi setiap pembelinya.

8. Mempercantik Kemasan

Selain berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk dengan kalimat CTA, kamu bisa gunakan desain stiker yang menarik dan sesuai dengan jenis produk / jasa. Dengan stiker kamu bisa sekaligus mempercantik kemasan produk agar lebih menarik. Dengan kemasan yang menarik pastinya bisa menarik perhatian pembeli lebih efektif.


Jadi sekarang kamu sudah tahu kan fungsi stiker untuk bisnis yang lebih efektif? Pastinya, kamu harus melakukan research terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat desain stiker dan cetak stiker. Hal ini dilakukan agar pesan tepat sasaran.


Cetak stiker memang dikatakan relatif lebih murah dibandingkan media cetak lainnya, kamu bisa temukan percetakan online yang berikan beragam varian kertas sticker dan proses laminating serta cutting. Di Tokopedia, kamu bisa temukan Tokopedia Print yang siap cetak stiker online dengan proses lebih efisien. Yuk, buat strategi bisnismu jadi lebih efisien dan tepat sasaran!


No comments:

Post a Comment