Manajer Umum Hotel mengawasi dan mengoordinasikan semua kegiatan yang terlibat dalam menjalankan hotel atau fasilitas penginapan lainnya (mis. Motel, tempat tidur dan sarapan, dan resor). Merupakan tanggung jawab mereka untuk memastikan bahwa semua anggota staf diatur dengan baik dan bahwa setiap bagian dari hotel berjalan sesuai dengan standar kualitas layanan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Manajer Umum Hotel sering memiliki wewenang untuk mempromosikan karyawan yang layak, dan diharuskan untuk berpartisipasi dalam dan memelihara hubungan masyarakat yang aktif, serta mengambil bagian dalam penjualan, rapat, dan kegiatan lainnya.
Jalur Karir
Tidak ada cara universal untuk menaiki tangga karier.
Jalur karier seringkali berbeda dari satu orang ke orang lain, namun beberapa kesamaan biasanya menonjol.
Oleh karena itu, jalur karier khas untuk Manajer Umum Hotel akan terlihat seperti yang digambarkan di sini.
Tanggung Jawab Utama
Berikut adalah daftar tugas umum yang tidak lengkap yang harus diselesaikan oleh Manajer Hotel.
Mengawasi operasi perusahaan:
- Memantau operasi umum hotel, termasuk kegiatan semua departemen;
- Berhubungan dengan karyawan dan pelanggan, menggunakan bahasa yang jelas, sopan, dan ringkas;
- Mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kebijakan dan prosedur untuk operasi umum dari departemen atau seluruh pendirian; dan
- Memeriksa semua kamar secara teratur untuk memeriksa apakah mereka memenuhi standar hotel.
Berinteraksi dengan tamu:
- Secara pribadi menyambut V.I.P. tamu hotel;
- Mendapatkan umpan balik dari tamu dan / atau pelanggan untuk memastikan kepuasan dengan layanan umum;
- Menghadiri pengaduan untuk menemukan solusi dan memberikan layanan yang lebih baik, selalu bertujuan untuk menjadi yang terbaik;
- Mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan tamu;
- Mengoordinasikan penggunaan dan penyewaan ruang hotel untuk acara sosial, pertemuan, dan pesta, termasuk harga, hiburan, dan makanan; dan
- Memastikan semua informasi yang diberikan kepada tamu atau pelanggan terkini dan akurat.
Staf hotel pengawas:
- Mengelola dan mengoordinasikan tugas-tugas karyawan (panitera, staf pemeliharaan, housekeeping, antara lain karyawan penjualan);
- Menyiapkan jadwal kerja;
- Merekrut dan melatih karyawan baru; dan
- Mempromosikan kerja tim untuk memastikan layanan yang optimal dan kebutuhan tamu terpenuhi.
Mengelola operasi administrasi:
- Memantau pendapatan harian dan bulanan yang dihasilkan, serta semua biaya dan pengeluaran;
- Berpartisipasi dalam pengembangan strategi penetapan harga dan promosi, serta membuat kampanye iklan untuk promosi semacam itu;
- Mengelola hubungan dengan vendor hotel, menegosiasikan perjanjian layanan yang sesuai untuk penyediaan bahan dan persediaan; dan
- Meninjau laporan keuangan dan laporan untuk memahami kinerja perusahaan, melacak anggaran dan pengeluaran.
Memastikan bahwa semua karyawan dan kepala departemen mematuhi kebijakan hotel dan peraturan keselamatan.
Tugas Harian
- Memantau aktivitas harian semua departemen di hotel.
- Mengawasi dan mengelola staf hotel.
- Menyambut dan menerima umpan balik dari pelanggan untuk memastikan kepuasan.
- Melayani kebutuhan para tamu, mempertahankan standar kualitas dan layanan tertinggi, terus-menerus meningkatkan pengalaman pelanggan.
Keterampilan dan Kualifikasi yang Diperlukan
Keterampilan interpersonal, kepemimpinan dan komunikasi:
- Berkomunikasi dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, untuk menyampaikan ide-ide yang jelas, serta memiliki keterampilan mendengarkan yang efektif untuk memahami setiap masalah yang mungkin muncul dan bekerja menuju penyelesaian masalah;
- Menunjukkan keterampilan layanan pelanggan yang kuat, serta kepemimpinan;
- Mampu bekerja secara kohesif sebagai bagian dari tim; dan
- Mampu berurusan dengan kelompok orang yang beragam dalam situasi yang berpotensi permusuhan dengan menggunakan pendekatan yang tenang, sopan, bijaksana, bijaksana dan efektif.
Keahlian manajemen organisasi dan waktu:
- Memiliki keterampilan multitasking yang kuat; mampu bekerja di bawah tekanan dalam lingkungan yang dinamis dan serba cepat;
- Berorientasi pada tindakan agar dapat bekerja secara efisien dan efektif untuk menghasilkan pendapatan dan mencapai tujuan operasional;
- Memiliki keterampilan manajemen waktu untuk memenuhi harapan di berbagai departemen dan peran;
- Menjadi sangat bertanggung jawab, andal, dan tangguh; dan
- Terorganisir, berorientasi pada detail dan terstruktur.
Keahlian analitis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan:
- Memiliki kemampuan intelektual untuk mengasimilasi informasi dan data yang kompleks dari berbagai sumber dan mempertimbangkan, menyesuaikan dan / atau memodifikasi untuk memenuhi kendala masalah tertentu yang dihadapi; dan
- Mampu melakukan penilaian yang matang dan pemikiran strategis.
Motivasi diri, tegas, bertanggung jawab dan terdorong untuk memberikan layanan terbaik.
Manajer Hotel biasanya diharuskan memiliki gelar sarjana dalam Administrasi Hotel, Administrasi Bisnis, Layanan Perhotelan atau gelar yang setara. Namun, pengalaman itulah yang tampaknya paling penting bagi pengusaha di bidang ini; atau kombinasi dari pendidikan dan pengalaman yang menghasilkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dibutuhkan. Pengetahuan tentang bahasa kedua selain bahasa Inggris biasanya lebih disukai.
Manajer Hotel harus memiliki minimal 4 hingga 6 tahun pengalaman dalam manajemen umum dengan keberhasilan yang terbukti dalam kepemimpinan tim. Mereka juga harus dapat bekerja dengan jadwal yang fleksibel, termasuk akhir pekan, malam, dan hari libur.
Kesamaan dari sebagian besar posisi di bidang Perhotelan adalah Anda tidak perlu membutuhkan gelar sarjana untuk dipromosikan.
Pekerjaan entry-level akan membantu pelamar mengembangkan dan menguasai keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk maju dalam perjalanan profesional mereka. Dengan demikian, para profesional ini pertama-tama dapat mulai sebagai Bellhop atau Front Desk Clerk di hotel dan bekerja sendiri hingga posisi manajerial. Maklum, proses menjadi Manajer Hotel bisa dimengerti akan memakan waktu lebih lama.
No comments:
Post a Comment